KNKT ( Komite Nasional Keselamatan Transportasi )


Kecelakaan Wajib diinvestigasi KNKT bila :
·         Korban meninggal 8 orang atau lebih
·         Mengundang perhatian publik secara luas
·         Satu lokasi 3 kali kejadian dalam setahun atau berulang kali dengan merk dan tipe kendaraan yang sama
Kompetensi KNKT, KNKT harus memiliki pengetahuan dan pengalaman, antara lain pkb, teknik sipil, pengemudi senior, mantan kapten kapal, mantan kapten penerbangan, mantan masinis senior, dan ahli di bidang perkeretaapian, pelayaran, penerbangan, LLAJ.
Ketua KNKT 2017 dr.Ir.Soetjono Tjahjono
Dari 2007 – 2015 investigasi KNKT sebanyak 402 dengan rekomendasi sebanyak 1704

Masalah kecelakaan menurut KNKT
·         3K ( kejujuran, kedisiplinan, keterampilan )
·         Angkutan darat tidak memiliki batasan umur atas sarana dan komponen komponennya, sehingga terjadi penuaan sarana dan komponenya
Keanggotaan KNKT
·         Ketua KNKT
·         Wakil ketua KNKT
·         Kasubkom IK ( ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan ), ada 4 dari masing masing bidang, yakni perkeretaapian, penerbangan, pelayaran, LLAJ
·         Setiap Kasubkom IK didukung oleh 10 investigator
Informasi kecelkaan awalnya datang dari dinas perhubungan d daerah tempat kejadian, dimana bertindak sebagai investigator aawal, apabila kriteria kecelakaan sesuai dengan kriteria KNKT maka KNKT akan melakukan investigasi

Advokasi dilakukan KNKT untuk pembinaan keselamatan kecelakaan
Accident Review Forum = dilaksanakan untuk situasi tertentu, sesuai kebutuhan KNKT, termasuk mengumpulkan seluruh dinas perhubungan di Indonesia dalam kaitannya dengan keselamatan transportasi
Program KNKT sejauh ini adalah training investigator di australia
Masalah yang dibahas KNKT di tahun 2017 saat ini adalah mengenai angkutan b3 ( bahan berbahaya beracun ) dan peta navigasi laut
Penyampaian informasi hasil investigasi ke presiden dari KNKT melalui mentri perhubungan
Investigasi KNKT biasanya dibantu dishub, tenaga ahli, perwakilan perusahaan terkait transportasi, hingga BPPT
Laik ada 2
1.       Laik kendaraan
·         Uji tipe ( sekali )
·         Uji berkala ( berulang kali )
2.       Laik jalan
·         Audit ( sekali )
·         Inspeksi keselamatan jalan ( berulang kali )
Diruang investigasi kecelakaan ada alat
·         FBR : censor gerak di pesawat
·         CVR : censor suara di pesawat
·         VDR : alat censor di kapal
·         TDR : alat censor di kereta api

Aplikasi untuk investigasi adalah Flightscape buatan swiss

Komentar

  1. How to get the slot machine at a casino site
    Lucky Club has the fastest payout rate when you luckyclub.live join a slot machine and can receive up to 4X progressive jackpots. Find out how to find out if you can get

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

perankingan permasalahan angkutan umum

karya ilmiah Angkutan umum di Jakarta (transformasi paradigma)

angkutan umum dilihat dari segi regulator, operator, dan pengguna